Pandemi Covid-19, Stok Darah di PMI Surabaya Mengkawatirkan

Pendonor saat mendonorkan darahnya di PMI Surabaya.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Dimassa Pandemi Covid-19 stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya menipis. Perhari PMI hanya mendapat 180 hingga 200 kantong darah, sebelum pandemi covid-19, PMI biasanya bisa mendapatkan 400 kantong darah.

Sementara untuk golongan darah tertentu, yakni golongan darah A dan AB. Jumlah ketersediannya mengkawatirkan yang hanya belasan kantong saja.

Untuk golongan darah A hanya tersedia 11 kantong, sedangkan golongan darah AB hanya 15 kantong.

Menurut Martono Adi Triyugo, selaku kepala pelayanan dan humas PMI Surabaya menyebutkan. Normalnya ketersediaan setiap golongan darah berjumlah 50 kantong untuk setiap harinya. Namun kali ini hanya belasan kantong.

Menipisnya ketersediaan darah di PMI ini juga dipengaruhi oleh Pandemi Covid-19. Sehingga banyak pendonor yang tidak mendonorkan darahnya.

“Stok darah di PMI saat ini mengkawatirkan, karena stok darah menipis. Hal ini dikarenakan massa Pandemi Covid-19 sehingga banyak pendonor yang tidak mendonorkan darahnya,” kata Martono Adi Triyugo, kepala pelayanan dan humas PMI Surabaya, Kamis siang (10/9/2020).

Martono menambahkan, untuk memenuhi stok darah di PMI, saat ini pihaknya melakukan jemput bola dan tidak menunggu pendonor di kantor PMI. Kini juga membuka donor darah di Taman Bungkul Surabaya.

“Kita buka pelayanan diluar kantor untuk mendapatkan stok darah, bagi masyarakat yang ingin donor darah, juga bisa dilakukan di Taman Bungkul Surabaya,” tambahnya. KBID-RIZ