KampungBerita.id
Kampung Raya Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Pemilu 2024, KPU Surabaya Jalankan Tahapan Verifikasi Administrasi Bacaleg

Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi.@KBID-2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Tujuh bulan menjelang Pemilu 2024,Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya saat sedang menjalankan tahapan verifikasi data bagi bakal calon legislatif (bacaleg) dari seluruh partai politik peserta Pemilu 2024, sebelum menuju tahap penetapan.

Pada tahap verifikasi itu masih ditemui dokumen syarat bakal calon legislatif masih belum sesuai ketentuan hingga diperlukan perbaikan data.

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengatakan, jika tahap verifikasi data yang dijalani kini menjadi tahap penting guna pencocokan data bagi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Mengingat KPU telah memberikan catatan bagi partai politik melalui silon yang linier dengan silon partai politik agar memperbaiki dokumen syarat calon.

Batas akhir perbaikan dokumen syarat bakal calon telah berlangsung sejak Minggu (9/7/2023) lalu.

“Berdasarkan hasil yang kita rekap semua partai politik telah menyerahkan perbaikan dokumen syarat bakal calon dan dinyatakan lengkap serta diterima. Tetapi akan kami lakukan verifikasi administarsi kembali terhadap dokumen tersebut hingga seminggu ke depan yakni Minggu (16/7/2023),” ungkap dia seperti dilansir KBRN, Selasa (11/7/2023).

Nur Syamsi menegaskan, bila tahap verifikasi ini tidak mengurangi kuota terhadap jumlah calon legislatif setelah melakukan pendaftaran pada beberapa waktu lalu. Sehingga dapat dipastikan jika adanya kasus pengunduran diri ataupun data ganda seluruhnya diserahkan oleh partai politik untuk memperbaikinya.

“Berdasarkan data kami dari keseluruhan perbaikan dokumen bakal calon ini semua tetap 841 layaknya kuota pendaftaran di awal. Jadi tidak ada partai politik yang mengurangi atau menghapus bakal calonnya, ” tandas dia.

Terkait adanya bakal calon legislatif yang mengundurkan diri, Nur Syamsi menegaskan, tidak ada pengaruh karena semua mekanisme berada di partai politik sebagai peserta pemilu,”pungkas dia. KBID-KBRN/BE

Related posts

Laga Perdana, Persebaya Bungkam Persik, Madura United Ditahan Imbang Bhayangkara

RedaksiKBID

Kembangkan Inovasi Layanan, Masyarkat Bisa jadi Agen Pegadaian

RedaksiKBID

Patroli PPKM, Kapolresta Sidoarjo Masuk Perkampungan Salurkan Bansos Dampak Pandemi Covid-19

RedaksiKBID