KampungBerita.id
Kampung Raya Peristiwa Politik & Pilkada Surabaya Teranyar

Pengamat Sebut Bayu Cocok ke Golkar, Sarmuji: Kami Siapkan Tempat Berteduh di Bawah Pohon Beringin

Bayu Airlangga.@KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Bayu Airlangga telah memutuskan mundur dari Partai Demokrat per 21 April 2022. Lantas, ke partai politik (parpol) mana dia akan berlabuh?

Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam menilai Partai Golkar bisa menjadi partai politik pilihan Bayu Airlangga usai mundur dari Partai Demokrat.

“Golkar juga termasuk partai yang bisa menjadi pilihan mas Bayu ke depannya dan Golkar juga relatif stabil urusan faksi-faksi lebih cair,” kata Surokim seperti dilansir KBRN, Minggu (15/5/2022).

Menurut Surokim, menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo ini akan menjadi rebutan banyak parpol di Jatim. Tapi, Surokim menilai, Golkar menjadi tempat yang paling pas untuk Bayu.”Ya,
semua memungkinkan, namanya juga politik, seni kemungkinan dinamis bisa berubah setiap saat. Secara historikal, Pakde Karwo dekat dengan Golkar,” kata dia yang juga Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC).

Apalagi, lanjut dia, akses Pakde Karwo yang kini menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ke semua dan lintas partai di Jatim juga baik. Bahkan, Pakde Karwo juga menjadi senior dan mentor banyak politisi di Jatim.

Menurut
Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) UTM ini,
Bayu tentu saja dengan petunjuk Pakde Karwo masih akan melihat- lihat anginnya untuk menemukan momentum yang pas. Besar kemungkinan akan memilih partai yang bisa memberi karpet merah dan memberi jaminan posisi di pencalegan yang pas atau bahkan mungkin tiket pilkada.

“Golkar termasuk prospektif dan pengaruh Pakde juga cukup kuat di sana. Saya pikir semua masih ditimbang-timbang hingga proses pencalegan nanti. Pakde yang pasti bukan poltisi biasa karena sudah teruji dalam segala medan politik,” ungkap dia.

Untuk hal seperti ini, lanjut dia, bagi Pakde Karwo bukan hal yang rumit. Situasi ini adalah bagian dari cara Pakde Karwo mendewasakan Bayu yang pernah menjabat sebagai Plt Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim dan Ketua Muda Mudi Demokrat Jatim agar lebih siap dan tangguh dalam medan politik agar terus bisa mematangkan diri.

Surokim menambahkan, proses Bayu untuk mematangkan diri akan membuatnya semakin matang dan menjadi politisi tangguh.

“Bayu yang berlatar pengusaha harus banyak ditempa dalam medan pengabdian dan kontestasi politik agar kian matang dan tangguh. Medan politik punya tantangan yang jelas beda dengan medan bisnis. Semua butuh pengalaman dan pemahaman medan juang politik yang lebih kuat sehingga akan bisa menjadi politisi yang juga kuat dan tangguh,” tandas Surokim.

Menanggapi ini, Ketua DPD Golkar Jatim M Sarmuji sendiri mengaku siap menerima Bayu di Golkar. “Kami siapkan tempat berteduh di bawah pohon beringin,” kata Sarmuji.

Isu Bayu menuju Golkar semakin kuat, setelah Sarmuji melakukan pertemuan empat mata dengan Pakde Karwo pada akhir Ramadan lalu. Sarmuji mengaku hanya berdiskusi soal pangan.

“Tidak ada sangkut pautnya dengan kondisi Mas Bayu. Urusan politik hanya selingan saja dari sepanjang obrolan kami,” elak Sarmuji dalam keterangannya, Sabtu (30/4/2022).

Sarmuji mengungkapkan, pertemuan dirinya dengan Pakde Karwo membahas terkait masalah ketahanan pangan di Jatim. Dalam pertemuan kedua tokoh ini terlihat gayeng berbincang tentang masa depan Indonesia dan Jatim, khususnya persoalan pangan yang memang menjadi bidang Pakde Karwo di Dewan Pertimbangan Presiden.

“Kami banyak membincangkan tentang persoalan pangan khususnya di Jatim. Masalah pangan akan menjadi isu serius di masa mendatang, tidak hanya di Indonesia tetapi dunia karena di dalamnya ada faktor perubahan iklim yang melanda seluruh dunia,” jelas dia.

Seperti diketahui, sebelumnya Bayu Airlangga memutuskan mundur dari Demokrat setelah dirinya merasa dizalimi dengan hasil Musda DPD Demokrat Jatim yang digelar di Surabaya pada 20 Januari 2022.

Pada Musda Demokrat Jatim tersebut, Bayu Airlangga mendapat dukungan 25 DPC, sedangkan rivalnya Emil Elestianto Dardak (Wakil Gubernur Jatim) meraih 13 dukungan DPC. Namun, DPP Demokrat memutuskan Emil Dardak sebagai Ketua Demokrat Jatim melalui pertimbangan fit and proper test. KBID-KBRN/BE

Related posts

Hari Ini, Umat Islam Mulai Lakukan Ibadah Puasa Ramadan

RedaksiKBID

Komisi C Dukung Wacana Revitalisasi THP Kenjeran Menuju Destinasi Wisata Bertaraf Internasional

Baud Efendi

Tiga Nama Lolos Seleksi Administrasi, Komisi A Berharap Sekda Terpilih Bisa Membangun Chemistry dengan Wali Kota

RedaksiKBID