KampungBerita.id
Kampung Raya Teranyar

PWNU Jatim Umumkan 6 Nominator Anugerah NU Award 2018

Ketua PWNU Jatim foto bersama Ketua Panitia NU Jatim Award serta Dewan Juri

KAMPUNGBERITA.ID – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menetapkan enam nominator yang masuk ke tahap Grand Final NU Award, di Ruang Salsabila lantai dasar Gedung PWNU Jatim Jl Masjid Al Akbar Timur No 9, Surabaya, Minggu (8/7) pagi. 6 PCNU itu yakni, PCNU Sidoarjo, PCNU Gresik, PCNU Bondowoso, PCNU Kota Kediri, PCNU Lamongan dan PCNU Ponorogo. Hadiah yang bakal diberikan pada pemenang adalah 3 mobil dan 4 sepeda motor.

Ketua PWNU Jatim KH MH Mutawakkil Alallah mengatakan, NU Award ini bukan masalah siapa yang menjadi pemenangnya. Tapi, ini merupakan apresiasi dari PWNU terhadap cabang-cabang yang mampu menata bangunan organisasinya, postur dan struktur kelembagaannya serta kerapihan koordinasinya, administrasinya serta program-programnya yang bisa dirasakan dalam kehidupan masyarakat.

“Bagi yang belum (masuk nominasi), ini mudah-mudahan menjadi spirit bagi mereka untuk meningkatkan kinerjanya di tahun-tahun yang akan datang,” ucap Kiai Mut, sapaan KH Mutawakkil kepada awak media.
Ia berharap, apa yang menjadi amanah Muktamar NU di Lirboyo, Kediri tahun 1999 yang telah mengamanatkan/memberikan mandat kepada seluruh kepengurusan NU di semua level mulai PB hingga Anak Ranting untuk menata bangunan organisasi atau institusi organisasi.

“Kenapa? Karena misi atau cita-cita NU tidak akan pernah tercapai apabila organisasinya tidak tertata rapi, terorganisir secara efektif. Walaupun ini kebenaran, kalau Kita tidak menata dengan rapi akan kalah dengan kebathilan,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Panitia NU Award 2018 M Qodery mengaku, dengan adanya NU Jatim Award 2018 ini bisa melihat potensi mulai level Ranting (NU tingkat kelurahan), MWC (Majelis Wakil Cabang, NU tingkat kecamatan) hingga PC (Pengurus Cabang, NU tingkat Kabupaten/kota) termasuk juga di sayap seperti banom (badan otonom) dan lembaga.

“Beda dari tahun sebelumnya, cabang ini kan sudah melakukan PCNU Award di masing-masing cabangnya sehingga dia (PC) tinggal mengutus MWC nya untuk ikut. Nah, MWC sudah melakukan MWC Award di masing-masing MWC-nya. Sehingga ranting terbaiknya diikutkan dalam MWC Award itu. Ujungnya, hari ini diikutkan di level NU Jawa Timur,” terang Cak Koderi, sapaan M Qodery.

Qodery menambahkan, penilaian untuk NU Award kali ini dengan melibatkan sebanyak 100 orang dewan juru eksternal dan internal NU yang terbagi ke dalam 4 kelompok. Dasar dalam penilaian ini, lanjutnya, para juri melihat dari standar minimal seperti administrasi, pelayanan dan kelengkapan organisasi serta proses regenerasi.

“Standar tambahannya bagaimana Dia (PCNU) mengelola kemandirian mengelola program-programnya, apa usaha-usahanya yang mem-backup lajunya organisasi. Terakhir, bagaimana Dia mensupport keberlanjutan program yang bagus. Karena program yang bagus kalau tidak disiapkan regenerasinya dengan baik maka program ini bisa berhenti. Ini menjadi hal penting dalam penilaian sehingga kita temukan 6 nominator ini,” bebernya.

Penentuan juara umum NU Award rencananya akan digelar hari ini (Senin ) tanggal 9 Juli 2018 bertempat di lantai 3 Gedung PWNU Jawa Timur sekaligus acara halalbihalal Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018. KBID-NAK

Related posts

Puluhan Ribu Massa Hadiri Aksi Bela Palestina, MUI Serukan Boikot AS

RedaksiKBID

Polda Jatim Grebek Puluhan Kantor Pinjol Illegal di Surabaya dan Sidoarjo, Sejumlah Orang Diamankan

RedaksiKBID

Pangdam V/Brawijaya Dampingi Panglima TNI Tinjau Latihan Super Garuda Shield di Situbondo

RedaksiKBID