KampungBerita.id
Politik & Pilkada Teranyar

Sosialisasi Pemilu 2019, KPU Sidoarjo Gelar Wayang Cangkrukan

Pertunjukan Wayang Cangkrukan mensosialiasikan Pemilu 2019, di kantor KPU Sidoarjo, Sabtu (21/4) malam.

KAMPUNGBERITA.ID – Sosialiasi mulai dilakukan setahun menjelang Pemilu 2019. Salah satunya dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo dengan menggelar Wayang Cangkrukan, di halaman kantor KPU Sidoarjo, Sabtu (21/4) malam.

Sosialiasi ini menggandeng Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia Nahdlatul Ulama (Lesbumi NU) Sidoarjo. Sejumlah materi Pemilu 2019 disampaikan dengan bahasa ringan melalui dalang yang memainkan wayang Udang dan Bandeng, simbol Kabupaten Sidoarjo.

Ketua KPU Sidoarjo M Zainal Abidin menyatakan sosialiasi Pemilu 2019 digelar serentak se-Indonesia namun bentuk dan isinya disesuaikan dengan budaya lokal. “Makanya di Sidoarjo ditampilkan wayang cangkrukan ini. Ceritanya ya soal Pemilu 2019, ” cetusnya.

Saat pertunjukan, sang dalang menyampaikan materi Pemilu 2019, diantaranya mengenai hari H Pemilu 2019, pada 17 April 2019 mendatang. “Juga dikenalkan parpol yang jadi peserta Pemilu 2019, termasuk parpol baru dan nomor parpol,” beber Zainal.

Kata Zainal, sosialiasi ini diharapkan bisa mengenalkan sejak dini kepada masyarakat akan hajatan demokrasi pada Pemilu 2019. Selain memilih anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan DPD, Pemilu 2019 juga memilih Presiden dan Wakil Presiden.

Pertunjukan Wayang Cangkrukan ini juga diselingi aksi teatrikal oleh salah satu seniman Sidoarjo, Cak Ugeng, yang juga dikenal sebagai pelukis sembur. Diselingi guyuran hujan, penonton antusias menyaksikan pertunjukan seni budaya soal Pemilu ini. KBID-AIN

Related posts

Aula Terbakar, Pegawai Kantor DLHK Sidoarjo Berhamburan Keluar

RedaksiKBID

DPRD Surabaya Minta Relokasi Pedagang Pasar Pabean Ditunda

RedaksiKBID

Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya Tolak Eksepsi Terdakwa Saiful Ilah

RedaksiKBID