Bareng Stake Holder, KPU Surbaya Gelar Rakor Debat Publik Pertama

KPU Surabaya saat Rakor bersama sejumlah stake holder terkait debat publik Paslon.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – KPU Kota Surabaya kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan debat publik pertama dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya tahun 2020, Jumat (23/10). Rakor kali ini mengundang lembaga penyiaran dan stakeholder terkait.

Bertempat di Kantor KPU Kota Surabaya Jalan Adityawarman nomor 87, dihadiri stasiun Tv JTV selaku perwakilan dari 3 stasiun TV yang menyiarkan debat publik pertama, Dishub, Satpol PP, kepolisian, Bakesbangpol, BPBD Kota Surabaya.

Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi dalam sambutannya mengatakan, KPU Kota Surabaya merasa perlu untuk selalu berkoordinasi dengan stake holder terkait agar pelaksanaan debat publik pertama dapat terlaksana dengan baik.

“Pilkada serentak tahun 2020 di surabaya khususnya menjadi kebutuhan dan kepentingan kita semua tidak hanya oleh peserta pemilu, tidak hanya oleh KPU dan Bawaslu, tapi seluruh masyarakat diminta untuk berperan serta di dalam suksesnya pemilihan kepala daerah serentak,” jelasnya.

Dalam rakor kali ini dibahas mengenai tempat pelaksanaan debat, mekanisme debat dan siapa saja yang boleh masuk dalam ruangan debat publik agar sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Rencananya debat publik akan digelar sebanyak 3 (tiga) kali. Untuk debat pertama akan digelar pada tanggal 4 November 2020 mendatang. Peserta debat yakni pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya.

Peserta debat nantinya akan memaparkan visi, misi, dan program yang akan diusung. Selain itu, dalam debat publik akan dihadirkan 5 orang panelis dari berbagai universitas yang telah menandatangani pakta integritas guna memberikan pertanyaan kepada Paslon. KBID-DJI