KampungBerita.id
Kampung Bisnis Kampung Raya Surabaya Teranyar

Buka Serentak pada HJKS ke-730, Pemkot Surabaya Bebaskan Retribusi BHPS Pasar Turi Baru hingga 10 Tahun

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. @KBID-2023 (IST)

KAMPUNGBERITA.ID-Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi membuka serentak stand di Pasar Turi Baru bertepatan pada peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730, Rabu (31/5/2023).

Pada pembukaan tersebut, Eri Cahyadi didampingi oleh Asisten II Bidang Asisten Perekonomian dan Pembangunan Irvan Widyanto, Kepala Bagian Hukum dan Kerja Sama Sidharta Praditya Revienda Putra, serta General Manager PT Gala Bumi Perkasa Teddy Supriyadi.

Eri Cahyadi menyebut, para pedagang yang buka tepat di puncak Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) kemarin akan mendapat pembebasan retribusi Buku Hak Pakai Stand (BHPS), dengan stempel perpanjangan hingga 10 tahun.

“Bagi pedagang yang buka, pada 31 Mei, saya nyuwun (minta) tolong kepada jajaran PT Gala Bumi Perkasa (pengelola Pasar Turi), buku standnya segera diberikan. Iki wes perintah loh (ini sudah perintah loh). Dan di bukunya harus sudah distempel bahwa diberikan perpanjangan selama 10 tahun,” kata Eri dalam keterangan resmi, Kamis (1/6/2023).

Sedangkan bagi pedagang yang masih belum bersedia membuka stand, maka BHPS tetap diberikan tanpa dilengkapi dengan stempel perpanjangan selama 10 tahun.

“Tolong jangan sampai ada fitnah kepada saya (pemkot), nanti dipikirnya saya ada macam-macam, padahal saya sudah berjuang habis-habisan untuk para pedagang,”kata dia.

Eri Cahyadi menjelaskan, perpanjangan 10 tahun itu, berdasarkan supervisi dan pendampingan antara Pemkot Surabaya dengan KPK, Kejati Jatim, serta Kejari Surabaya.

“Karena saat itu sengketa selama 10 tahun, maka diberikan perpanjangan dan disepakati bersama hanya diberikan kepada pedagang yang buka pada 31 Mei 2023. Kalau enggak dimulai dari sekarang, terus kapan dibuka kembali? Jangan sampai nanti pemkot memberikan perpanjangan selama 10 tahun tidak ada dasarnya. Sehingga sudah saya sampaikan pada April 2023 lalu, sehingga 31 Mei itu lah hari terakhir (buka serentak),” jelas dia.

Untuk itu, Eri Cahyadi meminta PT Gala Bumi Perkasa segera menuntaskan proses stempel perpanjangan buku BHPS selama 10 tahun, paling lambat Senin (12/6/2023) pekan depan.

“Berarti Pak Teddy, yang buka hari ini maka paling lambat diserahkan buku standnya 12 Juni 2023. Kalau enggak segera diserahkan mereka (pedagang) enggak akan percaya sama PT Gala Bumi Perkasa,” tandas dia.

Pembebasan itu sendiri, berlaku mulai 12 Februari 2037 saat Pasar Turi Baru menjadi barang milik daerah.

Sementara General Manager PT Gala Bumi Perkasa, Teddy Supriyadi mengatakan, dari total 4.000 stand terjual, baru 1.300 lebih yang buka.

“Stand di Pasar Turi Baru saat ini totalnya ada 6.000-an dan sudah terjual sekitar 4.000-an. Sedangkan yang sudah mulai buka pada 31 Mei 2023 sekitar 1.300 lebih,” pungkas dia.KBID-HMS/BE

Related posts

PAW Almarhum Hadi Margo Tunggu Keputusan Bawaslu RI

RedaksiKBID

Tekan Laju Covid-19, Surabaya Berlakukan PPKM Darurat

RedaksiKBID

Drummer Ruang Band Lolos ke Parlemen Kota Mojokerto

RedaksiKBID