KampungBerita.id
Bumi Malang Teranyar

Bupati Ditahan KPK, Gubernur Minta Layanan Publik Pemkab Malang Tak Terganggu

Gubernur Jawa Timur Dr. H Soekarwo Menyerahkan Surat Perintah Tugas (SPT) Kepada Wakil Bupati Malang Sanusi untuk menjalankan tugas dan wewenang Bupati Malang di Grahadi.

KAMPUNGBERITA.ID – Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo Meminta pelayanan publik Pemkab Malang terus dijalankan, meskipun Bupati Malang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Sebab tugas pokoknya pemerintah itu untuk melayani masyarakat.

“Jangan sampai pelayanan publik berhenti. Jangan sampai pemerintahan itu kosong dan proses pembangunan tidak jalan,” ujar Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo saat menyerahkan Surat Perintah Tugas (SPT) Nomor 131.420/1104/011.2/2018 kepada Wakil Bupati Malang Sanusi di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (16/10) siang.

Agar pelayanan publik terus bisa dijalankan, Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim ditugasi Mendagri agar segera membuat surat perintah tugas kepada Wabup Malang untuk menjalankan tugas dan wewenang sebagai Bupati Malang. Ini sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Instruksi Mendagri.

“Tidak boleh ada kekosongan pemerintahan, sehingga pemerintahan tetap berjalan. Tetapi ada keterbatasan bagi wakil bupati yaitu dalam melaksanakan tugasnya harus berkonsultasi dengan bupati. Kalau ada kesulitan dan perlu cepat mengambil keputusan, bersama dibicarakan dengan Forkompimda kemudian membuat surat kepada gubernur dan akan diteruskan kepada Mendagri,” kata orang nomor satu di Jatim.

Dijelaskan, hal-hal yang berkaitan kebijakan strategis tidak boleh dilakukan wabup. Sedangkan untuk membuat perjanjian bisa berkonsultasi kepada Kajari yang fungsinya sebagai pengacara negara.

Selain itu, Gubernur Soekarwo mengingatkan kepada Wabup Malang agar bisa menyelesaikan APBD Tahun 2019 paling lambat 15 Desember 2018. Karena menyangkut belanja kepentingan masyarakat Kabupaten Malang. KBID-NAK

Related posts

Resmi Beroperasi, Pasar Wisata Jadi Harapan Baru Bagi Pedagang Dan Pembeli

RedaksiKBID

Empat Petugas KPP Surabaya Meninggal, Wali Kota Kunjungi Rumah Duka

RedaksiKBID

Libur TC di Tengah Pandemi Corona, Bek Timnas U-16 Berjualan Pukis dan Ikan di Pasar

RedaksiKBID