KampungBerita.id
Headline Kampung Bisnis Teranyar

Jala Tol Pandaan-Malang Siap Digunakan untuk Arus Mudik Lebaran

Gerbang Tol Pandaan.@KBID2019

KAMPUNGBERITA.ID – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur menyatakan, Jalan Tol Pandaan-Malang untuk seksi 1, 2 dan 3 siap diresmikan oleh Presiden RI Jokowi dalam waktu dekat. Sehingga pada lebaran 2019 mendatang bisa digunakan untuk jalur Mudik.

“Tol Pandaan-Malang seksi 1, 2 dan 3 sepanjang 30 km siap untuk diresmikan. Ini karena sudah dicek, sudah keluar SLO atau sertifikat layak operasi dari Kementerian PU, Kementerian Perhubungan dan Korlantas Mabes Polri. Tinggal kita menunggu kepastian Bapak Presiden untuk meresmikan tol yang nantinya keluar di Gate Singosari-Karanglo. Untuk seksi 4 dan 5 yang belum akan dituntaskan akhir tahun ini,” kata Kadis PU Bina Marga Jatim, Gatot Sulistyohadi.

Jalan tol Pandaan-Malang terdiri atas lima seksi dengan total panjang 38 km. Seksi 1 meliputi Pandaan-Purwodadi sepanjang 15 km, seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km, seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7 km, seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4 km dan seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 4 km.

“Tol Pandaan-Malang diharapkan sudah bisa digunakan untuk arus mudik lebaran tahun ini,” ujar dia.

Pihaknya belum bisa memastikan kapan jadwal pasti peresmian tol Pandaan-Malang seksi 1, 2 dan 3. “Kami masih menunggu peresmian dari Presiden RI atau mungkin kalau didelegasikan ke Menteri PU Pak Basuki Hadimuljono. Namun demikian, kami juga sudah koordinasi dengan Pak Danang Parikesit, Kepala BPJT dan menunggu persetujuan dari Menteri PU, info sementara bahwa tol Pandaan-Malang itu dioperasionalkan tanpa peresmian. Itu alternatif, tapi belum ada kepastian. Saya tegaskan belum ada kepastian. Setidak-tidaknya pada 26 Mei, semua sudah diberlakukan jalur mudik,” jelasnya.

Gatot menambahkan, khusus untuk pembangunan underpass Karanglo-Malang akan diselesaikan pada akhir Mei 2019.

“Mudah-mudahan pada lebaran tahun ini, masyarakat bisa menggunakan underpass dan jalan tol Pandaan-Malang seksi 1, 2 dan 3. Untuk tol seksi 4 dan 5 masih dalam tahap penyelesaian, tidak mungkin bisa dipaksakan. Kalau difungsionalkan, juga percuma saja, karena turunnya masih amburadul terkait dengan adanya penemuan situs purbakala menjelang seksi 5. Karena situs itu, jalan tol bergeser sedikit sekitar 10 meter,” katanya. KBID-NAK

Related posts

Taati Protokol Kesehatan, PDIP Surabaya Laksanakan Pemotongan Hewan Kurban di RPH

RedaksiKBID

326 PNS Pemkab Bojonegoro Menerima SK Kenaikan Pangkat

RedaksiKBID

Kunjungan Balasan ke PKS, Walikota Eri Tegaskan Butuh Dukungan Semua Pihak Jalankan Progam

RedaksiKBID