KampungBerita.id
Headline Nasional Teranyar

Kantor Kyai Wahab Foundation di Jakarta Diresmikan

Persemian Kantor KWF Jakarta.@KBID2021

KAMPUNGBERITA.ID – Kyai Abdul Wahab Chasbullah Foundation (KWF) secara resmi dilaunching tahun lalu, di Ndalem Kasepuhan Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU), Tambak Beras, Jombang, hari ini telah meresmikan kantornya di Jakarta, Senin (15/02). Sejumlah pengurus dan dzuriyyah KH Abdul Wahab Chasbullah, PCNU Jakarta Pusat, Perwakilan Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah (UNWAHA), STIH IBLAM, Muslimat NU hadir di peresmian kantor yang berlokasi di Jalan Kramat Raya Senen Jakarta Pusat.

Peresmian kantor ini juga dihadiri secara virtual oleh pengurus, keluarga dan alumni Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang, karena masih pandemi peserta yang hadir dibatasi dengan protokol kesehatan ketat.

Bupati Jombang, Nyai Hj Mundjidah Wahab yang juga merupakan putri KH Abdul Wahab Chasbullah berharap kantor yang diresmikan ini menjadi ruang gagasan dan menghidupkan kembali spirit perjuangan KH Abdul Wahab Chasbullah dalam bernegara dan bermasyarakat.

Dikatakan Bupati Jombang, secara garis besar, pemikiran-pemikiran Kiai Wahab sudah terimplementasikan. Namun hal tersebut perlu dilestarikan dan ditingkatkan sehingga bisa terimplementasikan ke seluruh lapisan masyarakat.

Sementara putri KH Abdul Wahab Chasbullah yang lain, Nyai Hj Hizbiyah Wahab yang juga Ketua Muslimat NU DKI Jakarta, mengharapkan peresmian kantor ini bisa ikut menopang penguatan akidah ahlussunnah waljamaah di masyarakat melalui majlis taklim maupun aktivitas Nahdlatul Ulama di Jakarta. Pengembangan wawasan kebangsaan yang bersumber dari pemikiran-pemikiran Kiai Wahab perlu dilakukan, terutama dalam penguatan ekonomi masyarakat seperti saat Nahdlatut Tujjar digagas Kiai Wahab.

Jaenal Effendi, Ketua Kyai Wahab Foundation mengatakan dalam syukuran kantor baru ini merupakan napak tilas dari sejarah perjuangan Kiai Wahab, dulu Kiai Wahab dari Jombang ke Surabaya dan Jakarta. Lembaga ini juga begitu, dilaunching di Jombang dan peresmian kantornya di Jakarta, sebagai perwujudan meneruskan cita-cita perjuangan beliau.

“Kami putra putri dari Kiai Wahab yang masih hidup ini, ingin memberikan suatu hal yang baik kepada orang tua, karena beliau sudah almarhum, maka kita membikin suatu wadah yang kantornya kita resmikan hari ini. Artinya kita ingin menjaga dan melestarikan ide-ide Kiai Wahab, pemikiran-pemikiran Kiai Wahab, gagasan-gagasan Kiai Wahab yang sudah beliau kerjakan dan beliau perjuangkan,” beber KH M Hasib Wahab, Ketua Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang secara virtual.

Nyai Hj Mahfudhoh Wahab, Pembina Kyai Wahab Foundation dalam penutupan sekaligus doa menjelaskan peresmian kantor Kyai Abdul Wahab Chasbullah Foundation ini ditandai dengan khataman al-Qur’an, istighotsah, Tahlil, Ratib dan pemotongan tumpeng.

KH Abdul Wahab Chasbullah adalah seorang ulama inisiator dan pendiri organisasi Islam terbesar di Indonesia yakni, Nahdlatul Ulama (NU). Kiai Wahab lahir di Jombang pada tanggal 31 Maret 1888 dan wafat pada tanggal 29 Desember 1971. KBID-KWF

Related posts

Beri Arahan Pegawai Baru, Risma Ingatkan Gaji PNS Hasil dari Pajak Warga

RedaksiKBID

Bupati Bojonegoro Canangkan GEMAPATAS Sebagai Akselerasi Program PTSL

RedaksiKBID

Kecupan Kasih Untuk Azizah Di Jumat Berkah

DJUPRIANTO