KampungBerita.id
Kampung Raya Matraman Surabaya Teranyar

Kenang Gus Dur 21 Tahun Silam, Gubernur Khofifah: Gus Dur Sosok Negarawan Sejati

Khofifah Indar Parawansa saat mendampingi Presiden RI ke-4, KH. Abdurrahman Wahid.@KBID-2022.

KAMPUNGBERITA.ID-Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dikenal sebagai salah satu loyalis KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Karena kedekatan itu, banyak yang menyebut Khofifah sebagai santri Gus Dur.

Khofifah menunjukkan kesetiaannya kepada Gus Dur di hari-hari menjelang pemakzulan Gus Dur hingga akhirnya Presiden RI ke-4 itu benar-benar dimakzulkan lewat Sidang Istimewa MPR RI.

Khofifah mengenang peristiwa pemakzulan itu yang jatuh tepat di hari ini, 21 tahun silam. Tepatnya 24 Juli 2001.

“Sekitar jam 10.00 tanggal 24 Juli 2001 ada proses pengambilan keputusan penting dari Sidang Istimewa MPR RI yang memakzulkan KH. Abdurrahman Wahid sebagai Presiden RI,” ujar Khofifah, dikutip dari akun instagram khofifah.ip, Minggu (24/7/2022).

Khofifah menyebut Gus Dur sebagai sosok negarawan sejati, Gus Dur menghargai proses demokrasi yang berjalan. Gus Dur sangat mencintai negeri ini. Karena itu, Gus Dur melarang pendukung dan loyalisnya yang sudah siap aksi dengan label Pasukan Berani Mati.

“Gus Dur tidak ingin ada darah tumpah karena persoalan ini. Gus Dur cinta damai lahir batin. Terimakasih Gus Dur. Insya Allah panjenengan sudah bahagia disisi Allah SWT. Al- fatihah,” tutur mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Kabinet Persatuan Nasional itu.

Tokoh Nahdliyin Inspiratif 2022 versi Forkom Jurnalis Nahdliyin ini menilai, begitu banyak gagasan besar yang menjadi dasar kehidupan keberagaman, kebangsaan dan kemanusiaan terlahir dari seorang Gus Dur.

“Presiden RI ke – 4 ini telah berkontribusi pada proses demokratisasi yang cukup fundamental di negeri ini,” pungkas Khofifah, Ketua Umum Muslimat NU tersebut. KBID-BE

Related posts

Masjid As Sakinah kembali Dibangun, GP Ansor Surabaya dan Muhammadiyah Siap Pasang Badan Kawal Pembangunan

RedaksiKBID

Posisi Dirut PD Pasar Surya Kosong, Komisi B DPRD Surabaya Usulkan Penggantian Anggota Pansel

RedaksiKBID

Razia Kamar Kos, Satpol PP Amankan Dosen dan Seorang Kabid Pemkab Mojokerto

RedaksiKBID