KPM: Beras BPNT Punel dan Enak

Salah satu KPM di Kecamatan Plumpang saat menerima penyaluran Beras BPNT

KAMPUNGBERITA.ID – Sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa/Kecamatan Plumpang, mengaku puas dengan kualitas komoditas pangan berupa beras Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)ini. Pasalnya beras yang diberikan rasnya punel, enak dan tidak berbau apek.

“Alhamdulillah, dari awal BPNT sampai sekarang berasnya enak mas,” kata Rukanti (47) salah satu KPM kepada awak media, Senin (3/8/2020).

Rukanti menambahkan, Bahan pangan ini dikonsumsi sendiri, dan belum pernah dipergunakan untuk buwoh (menyumbang beras) ke tetangga maupun sanak saudara yang sedang punya gawe nikahkan anaknya maupun khitanan.

“Eman mas, dimasak sendiri enak,” ungkap perempuan yang ramah ini sambil tersenyum.

Beras BPNT lebih layak dikonsumsi, dibandingkan bantuan-bantuan pangan sebelumnya seperti Rastra maupun Raskin yang kualitasnya jelek.

“Jauh kualitasnya (beras bantuan Rastra dan Raskin,red) enak beras BPNT,” terangnya.

Pihak Dinsos P3A berserta Forkopimka Plumpang mengecek secara ketat kualitas beras BPNT yang akan di distrubusikan ke 22 Agen

Sementara itu, Sekretaris Camat, Jusuf Hernowo dikonfirmasi saat mengecek sampel beras di halaman kantor Kecamatan Plumpang mengungkapkan, kualitas beras yang dikirim saat ini sudah bagus, tidak apek dan warnya bagus. Menirannya (patahannnya) juga tidak terlalu banyak.

“Sudah layak pangan, bagus berasnya. Nanti akan didistribusikan secara bertahap ke agen untuk disalurkan ke 6 ribu KPM,” ungkap Jusuf.

Ditempat yang sama, Sekretris Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinso P3A) Kabupaten Tuban, S.Y Emanuel mengatakan, Beras BPNT yang di distribusikam ke agen ini, sudah sesuai standar kriteri yakni, kualitas medium, pecahan tidak lebih dari 25 persen kemudian tidak berwarna dan berkutu.

“Jika nanti Agen menerima harus cek dulu. Kalau tidak layak segera dikembalikan untuk diganti,” pungkasnya. (KBID-dur)