KampungBerita.id
Kampung Raya Surabaya Teranyar

Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Jatim 2022, Pemkot Surabaya Andalkan Perpustakaan Pintar Jambangan

Perpustakaan Pintar Kelurahan Jambangan banyak dikunjungi masyarakat maupun pelajar.@KBID-2022

KAMPUNGBERITA.ID-Pemkot Surabaya menjadikan Perpustakaan Pintar di Kelurahan Jambangan sebagai jagoannya dalam lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Jatim 2022.

Segenap perwakilan dari jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Jatim dan tim juri melakukan visitasi dan menilik fasilitas serta program di Perpustakaan Pintar Kelurahan Jambangan, Sabtu (6/8/2022).

“Visitasi ini bagian dari tahapan lomba perpustakaan desa/kelurahan setiap tahunnya seperti ini,” kata Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Disperpusip Jatim, Dwi Widjajaningsih.

Dwi menjelaskan, visitasi kali ini adalah untuk melihat langsung, sesuai tidaknya dengan presentasi yang dipaparkan oleh masing-masing perpustakaan desa/kelurahan.

Dia menjelaskan, dalam lomba ada 10 poin penilaian perpustakaan desa/kelurahan tahun ini. “Mulai sarana prasarananya, organisasinya, tenaganya, pengelolaan, inovasi, presentasi saat visitasi dan masih banyak lainnya,”ungkap dia.

Lomba ini dilaksanakan di enam kabupaten/kota di Jatim, mulai akhir Juli hingga akhir Agustus 2022. Dia berharap, pada awal September 2022 sudah bisa diumumkan dan ditentukan pemenangnya dari enam nominator yang berpartisipasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Surabaya, Mia Santi Dewi mengatakan, alasan kenapa perpustakaan Kelurahan Jambangan yang diikutsertakan dalam lomba ini.

Menurut dia, perpustakaan Pintar Kelurahan Jambangan ini punya banyak kelebihan, antara lain kesolidan kolaborasi antara warga dengan kelurahan dan kecamatan.

“Kenapa di Jambangan, karena perpustakaan di sini punya banyak manfaat bagi masyarakat. Mulai dari usaha kuliner, budidaya ikan lele, hingga budidaya tanaman hidroponik,”jelas Mia.

Dia berharap, Perpustakaan Pintar Kelurahan Jambangan ini bisa dijadikan percontohan kelurahan/kecamatan lain di Kota Surabaya.

“Kami harap bisa memotivasi dan menginspirasi kelurahan/kecamatan lainnya, agar memberi dampak positif bagi masyarakatnya,”tandas Mia.

Camat Jambangan, Annita Hapsari Oktorina Sesoria juga berharap Perpustakaan Pintar Kelurahan Jambangan bisa memberikan dampak positif bagi warganya. Selain itu, dengan adanya Perpustakaan Pintar Jambangan masyarakat diharapkan bisa lebih sejahtera.

“Fasilitasnya kami bukan hanya ada perpustakaan, tapi juga ada kolam lele, di beberapa sudut ada gazebo pintar dan kafe satu padu yang bisa dimanfaatkan masyarakat, mempelajari berbagai ilmu,” pungkas Annita. KBID-HMS/BE

Related posts

Hadiri Hari Perdamaian Internasional, Presiden Joko Widodo Terbang ke Sumenep

RedaksiKBID

Kapolresta Sidoarjo Pantau Vaksinasi Dosis Kedua Bagi Anak Usia 6 Sampai 11 Tahun

RedaksiKBID

KIB Konsolidasi Nasional di Surabaya, Bahas Capres?

RedaksiKBID