Musrenbang Dinilai Mbulet, Cak Sam: Warga Sambut Antusias Program untuk RT Rp 150 Juta Per Tahun

Ketua DPD Perindo Surabaya, Samuel Teguh Santoso mendanpingi Cawali nomor 2 Machfud Arifin memantau kondisi masyarakat.@KBID2020

KAMPUNGBERITA.ID – Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Pemkot Surabaya yang selama ini dijalankan untuk menjaring usulan pembangunan dinilai tidak efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk perbaikan infrastruktur.

Pernyataaan yang disampaikan Calon Wakil Wali Kota (Cawali) Surabaya Nomor Urut 2 Mujiaman dalam Debat Publik II Pilwali Surabaya 2020 di Dyandra Convention Hall, Rabu (18/11/2020).malam, mendapat dukungan dari Ketua DPD Partai Perindo Kota Surabaya Samuel Teguh Santoso.

Menurut Cak Sam, panggilan Samuel Teguh Santoso, apa yang disampaikan Mujiaman itu adalah fakta yang ditemui di lapangan. “Pak Mujiaman itu kan ketua RW. Jadi, pengalaman yang disampaikan bahwa bolak- balik mengajukan usulan proyek tapi tidak pernah terealisasi itu benar adanya, bukan mengada-ada. Dan, program untuk RT Rp 150 juta per tahun itu memang lebih efektif untuk mengkaver perbaikan infrastruktur kampung dan meningkatkan kesejahteraan warga,” ujar dia ketika dikonfirmasi Rabu (18/11/2020) malam.

Kenapa demikian? Karena masyarakat bisa secara mandiri menentukan penggunaan anggaran itu tanpa harus berkali kali mengajukannyake pemkot yang belum jelas kapan realisasinya.

Seperti diketahui, untuk stimulus pemberdayaan usaha dan keluarga sejahtera, paslon nomor urut 2 Machfud Arifin- Mujiaman (MAJU) memiliki program unggulan pro rakyat yang diberi nama SUPER ULTRA. Program ini meliputi sembako murah secara berkala, bantuan langsung tunai (BLT) Rp 1Juta/KK, menciptakan 100 ribu lapangan kerja baru melalui sinergi program pemerintah dan swasta, alokasi dana APBD Rp 150 juta untuk setiap RT per tahun, dan alokasi dana APBD Rp 50 miliar untuk inkubasi UMKM (permodalan, bimbingan, dan pemasaran).

Selama mendampingi Machfud Arifin blusukan ke kampung-kampung, Cak Sam mengaku, jika program SUPER ULTRA yang pro-rakyat tersebut disambut antusias warga Surabaya karena akan memberi manfaat riil. Sebab, lanjut dia, anggaran itu bisa dimanfaatkan untuk membuat fasilitas dan membangun kampung. Semakin kreatif kampung akan semakin maju.

“Program- program yang disampaikan paslon nomor 2 adalah untuk pemerataan pembangunan di Surabaya dan sesuai kebutuhan warga di kampung-kampung. Bukan seperti saat ini, musrenbang hanya muter-muter. Yang diminta atau diusulkan kampung malah tidak direalisasikan,” tandas dia.

Cak Sam menegaskan, Surabaya next level adalah Surabaya yang maju kotane makmur wargane.
” Setiap kampung adalah kota. Kota bukan hanya Jalan Raya Darmo dan Tunjungan saja. Semua kampung harus jadi kota,” tandas dia.

Dia menegaskan Machfud Arifin-Mujiaman bersama SUPER TEAM-nya sudah menyusun program untuk melakukan lompatan pembangunan, bukan sekadar melanjutkan. KBID-BE