KampungBerita.id
Headline Peristiwa Teranyar

Ribuan Pelayat Berebut Usung Jenazah Kiai Soleh Qosim

Ribuan warga berebut mengusung jenazah KH Soleh Qosim menuju tempat pemakaman.

KAMPUNGBERITA.ID – Ribuan masyarakat datang bertakziah ke almarhum KH Sholeh Qosim Pengasuh Ponpes Bahauddin Al Isma’ilyah, Jumat (11/5). Mereka datang dari masyarakat biasa hingga pejabat penting di Jawa Timur.

Saat jenazah akan diberangkatkan ke persemayaman di makam belakang Masjid Bahauddin, ribuan santri dan masyarakat serta ulama tampak memenuhi penuhi halaman Pondok Pesantren Bahauddin Al Isma’iliyah Ngelom Sepanjang, Taman. Mereka berebut untuk ikut mengusung jenazah almarhum KH Sholeh Qosim ke tempat persemayaman.

Rois Syuriah PCNU Sidoarjo KH Rofiq Siradj yang memimpin proses pemakaman menuturkan, KH Sholeh Qosim seorang figur kiai yang berpengaruh dan disegani oleh semua ulama. Almarhum tenaganya semasa hidup selalu dibuat untuk kemaslahatan ummat.

“Beliau selalu rutin mengisi pengajian di berbagai tempat. Ilmu almarhum sangat tinggi dan selalu terlihat tawadlu,” katanya.

”Almarhum, tambah KH Rofiq Siradj, kiai yang disegani oleh seluruh kiai di Indonesia. Beliau semasa mudanya pejuang Hizbullah dalam membela atau merebut Kemerdekaan RI. Almarhum kiai yang alim,” tutur kiai Kedungcangkring Jabon itu.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin hadir bersama Waka Polda Brigjen Pol Drs Widodo Prihartopo serta para pejabat utama Polda Jatim.

Di dalam rumah duka, Kapolda dan rombongan melaksanakan shalat jenazah. Kapolda juga mengucapkan bela sungkawq dan mengobrol dengan pihak keluarga almarhum.

“Beliau (KH Sholeh Qosim red,) kiai yang disegani oleh semua kalangan. Kami merasa kehilangan atas kepergian KH Sholeh Qosim,” katanya.

Kapolda juga mengaku kerap bertemu dengan almarhum dan banyak mendengar fatwa-fatwa yang disampaikan. “Pak kiai orang yang baik. Kami merasa sangat kehilangan,” ujarnya.

Selang setelah rombongan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, juga datang Mohammad Nuh mantan Menteri Pendidikan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertakziah ke rumah duka.

Waka Komandan Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Sugeng Ing Kaweruh juga datang bertakziah bersama rombongan.

“Beliau guru kami, sespuh kami dan orang tua kami. Semoga beliau husnul khotimah,” ujarnya. KBID-NDI

Related posts

Komisi D DPRD Surabaya Minta Pemkot, BPS, dan BPJS Perbaiki Data Warga Miskin

RedaksiKBID

Lahan Parkir Kantor Imigrasi Tanjung Perak Sempit, Layanan Tak Maksimal

RedaksiKBID

Aktivitas Vulkanik Gunung Semeru, Kolom Abu Setinggi 200 Meter Teramati di Atas Puncak

RedaksiKBID