Sempat Ikut Penjaringan di Surabaya, Bambang Haryo Pilih Maju di Pilkada Sidoarjo

Bambang Haryo (berpeci) saat menyerahkan berkas pendaftaran ke DPC Gerindra Sidoarjo.@KBID2019

KAMPUNGBERITA.ID – Politisi Gerindra Bambang Haryo Sukartono resmi memutuskan untuk maju sebagai bakal calon Bupati Sidoarjo pada Pilkada serentak 2020 mendatang. Meski sempat juga mengambil formulir di DPC Gerindra Surabaya, Bambang Haryo mengaku sejak awal telah memilih dan memutuskan untuk maju di Sidoarjo.

“Sudah jelas saya pilih Sidoarjo. Saya pertama yang mengambil formulir dalam penjaringan bakal calon di DPC Gerindra Sidoarjo, dan pertama yang mengembalikan formulir,” ujar Bambang Haryo saat di Kantor DPC Gerindra Sidoarjo, Jumat (1/11) lalu.

Bersama sejumlah tim dan keluarganya, Bambang datang ke DPC Gerindra sekira pukul 10.00 WIB. Beberapa saat berdialog dengan para pengurus Gerindra, ia lantas mengembalikan formulir pendaftaran.

Bagaimana dengan Surabaya ? Menurutnya, saat ke DPC Gerindra Surabaya waktu itu, dia awalnya hanya diundang oleh pengurus Gerindra untuk membicarakan perihal penjaringan bakal calon Wali Kota Surabaya.

“Saya hadir di sana. Kemudian diminta oleh pengurus Gerindra Surabaya untuk meramaikan penjaringan, ya saya ambil formulir,” jawab mantan anggota DPR RI tersebut.

Namun, beberapa kali ditegaskannya, dengan berbagai alasan bahwa dirinya memang berniat maju di Sidoarjo menjadi Calon Bupati pada Pilkada 2020 mendatang.

“Dan sekarang sudah jelas, saya di Sidoarjo. Karena di sini lebih tertantang. Banyak hal yang diinginkan masyarakat untuk mempercepat perubahan dan pembangunan Sidoarjo,” tandas Bambang.

“Masalah infrastruktur, kesehatan, pendidikan, sampah yang menumpuk di mana-mana, frontage road yang banyak diperbincangkan dan berbagai hal lain. Sepertinya saya lebih dibutuhkan di Sidoarjo,” sambungnya.

DPC Gerindra Sidoarjo sendiri membuka penjaringan calon sejak 25 Oktober hingga 15 November mendatang. Dan sejauh ini sudah ada lima orang yang mengambil formulir.

Mereka adalah Bambang Haryo, Ambudi Putra Laksana, Hidar Assegaf, Agung Sudiyono, dan Iwan Sumartono. Dari lima orang itu, baru Bambang Haryo yang mengembalikan formulir.

“Yang mengambil formulir sudah lima orang, dan yang mengembalikan memang baru satu ini. Tapi informasi yang masuk ke kami, hari Senin besok juga akan ada tiga orang lagi bakal mengambil formulir ke sini,” jawab Suwono, Sekretaris Gerindra Sidoarjo.

Sebagaimana instruksi dari DPP, pihaknya bertugas membuka penjaringan calon. Nanti, para pendaftar akan dilakukan fit and proper test.

Hasilnya, DPC bakal melapor ke DPD Gerindra Jatim dengan memberikan skor atau rangking terhadap para bakal calon yang telah menjalani uji kelayakan.

“Keputusan tetap di tangan DPP. Kami menyampaikan hasil penjaringan dan merekomendasikan nama-nama yang telah ada ke DPD untuk dilanjutkan ke DPP,” tukas dia.

Tapi, disebutnya bahwa penjaringan di DPC bakal menjadi acuan karena DPD dan DPP tidak melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah. KBID-TUR