Heboh Buaya Muara di Sungai Porong Sidoarjo, Ternyata hanya Gabus

Tim SAR mengevakuasi ‘Buaya Sungai Porong’ yang sempat jadi tontonan

KAMPUNGBERITA.ID – Kabar munculnya buaya muara di bawah jembatan Kali Porong, Sidoarjo membuat heboh warga sekitar. Tim SAR dari Pusdik Gasum Porong yang langsung turun ke lokasi usai mendapat laporkan warga mendapati sejumlah kejanggalan.

Pasalnya, buaya yang menjadi tontonan warga hingga menyebabkan kemacetan di jembatan Porong mengalami kemacetan tersebut tidak bergerak. Setelah dicek, ternyata buaya tersebut bukan buaya beneran, melainkan boneka buaya yang terbuat dari gabus (spon). Diduga bekas karnaval serta sengaja dibuang ke sungai Porong oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

“Anggota SAR kami turun ke lokasi dan lakukan penyisiran. Saya sempat menembak buaya itu, setelah tertembak, buaya itu pecah dan berwarna putih. Ternyata itu buaya palsu atau buaya buatan,” kata Kapusdik Gasum Porong Kombes Pol Fahruz, Kamis (28/9) kemarin.

Lebih jauh, Kombes Pol Fahruz menambahkan jika kemunculan buaya buatan itu memang sempat mengegerkan warga dan membuat kemacetan panjang karena banyak warga yang melintas ingin melihat buaya ini.

“Langkah tegas kami ini untuk menjawab laporan warga yang ketakutan dengan kemunculan buaya palsu ini. Kan sekarang sudah jelas bukan buaya asli tapi buaya dari gabus storfoom. Jadi warga tidak usah takut,” tegas Kombes Pol Fahruz.

Dia mengimbau agar warga yang tinggal berdekatan dengan sungai Porong tidak mudah percaya atau takut dengan berita kemunculan buaya. Pihaknya meminta jika ada temuan seperti ini warga bisa melapor ke pihak kepolisian atau pihak dinas terkait. “Jika menemukan kasus seperti ini, warga kami minta agar tidak panik, langsung saja lapor kepolisian terdekat atau dinas terkait,” pungkas Kombes Pol Fahruz. KBID-SID