KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

DPRD Surabaya Apresiasi Pemkot Dirikan Pusat Kuliner Serambi Ampel

Wakil Ketua DPRD Surabaya, Hj Laila Mufidah.@KBID2024
Wakil Ketua DPRD Surabaya, Hj Laila Mufidah.@KBID2024

KAMPUNGBERITA.ID – Langkah Pemkot Surabaya untuk meningkatkan minat wisatawan berkunjung sekaligus menaikkan taraf ekonomi pedagang di

kawasan Wisata Religi Sunan Ampel dengan mendirikan pusat kuliner Serambi Ampel, mendapat apresiasi pimpinan DPRD Surabaya. DPRD Surabaya menilai, langkah tersebut cukup tepat lantaran kawasan wisata religi Sunan Ampel setiap hari menjadi jujugan para

peziarah dari seluruh wilayah di Indonesia. Keberadaan Serambi Ampel, membuat kawasan wisata tersebut memiliki fasilitas makin lengkap.

Wakil Ketua DPRD Surabaya, Hj Laila Mufidah menilai, langkah yang diambil Pemkot Surabaya tersebut sudah tepat dan dapat meningkat perekonomian pedagang di sekitar Wisata Religi Ampel.

“Semoga menjadi menjadi kawasan Wisata Religi Ampel lebih tertata dan sehingga bisa meningkat perekonomian pedagang,” kata Laila Mufidah, Jumat (15/3/2024).

Dia mengatakan, selama ini kawasan Wisata Regili Sunan Ampel sudah banyak fasilitas penyedia barang-barang dagangan, namun belum ada yang ditata dengan apik seperti halnya Serambi Ampel yang didirikan Pemkot Surabaya.

”Ini menarik, dan sangat menunjang keberadaan wisata tersebut,” katanya.

Meski demikian, ujar dia, keberadaan Serambi Ampel tetap harus mendukung keberadaan para pedagang lain yang sudah lama berada di lokasi tersebut. Beberapa pedagang yang sudah ada sejak lama di gang-gang menuju Masjid Sunan Ampel diharapkan tidak tergerus lantaran hal itu juga menjadi ikon Masjid Sunan Ampel tersebut.

Berdasarkan data Pemkot Surabaya, wisata Kuliner Serambi Ampel tersebut total ada 161 pedagang. Ratusan pedagang tersebut berasal dari tiga wilayah kecamatan yakni Kecamatan Semapir, Pabean Cantikan dan Simokerto. Tidak hanya itu, ada 89 pedagang dari tiga kecamatan tersebut juga direlokasi ke Terminal Bus di kawasan Wisata Religi Sunan Ampel.

Laila kembali menegaskan pihak sangat mengapresiasi langkah Pemkot Surabaya yang memberikan lokasi yang layak untuk para pedagang agar bisa beraktivitas di lingkungan wisata religi. Terlebih, Pemkot Surabaya memberikan sentuhan bangunan yang moderen di kawasan tersebut. Setelah sebelumnya bangunan tersebut merupakan salah satu rumah potong hewan.

“Kami sangat mengapresiasi adanya Serambi Ampel. Apalagi kiai dan ulama juga mengapresiasi,” ungkap Laila.

Diketahui, Pemkot Surabaya sebelumnya meresmikan pusat kuliner Serambi Ampel itu setelah memindahkan rumah potong hewan di Banjar Sugihan, Kecamatan Tandes. Nantinya Pemkot Surabaya juga akan menjadikan wisata Ampel sebagai wisata kota tua yang terkoneksi dengan zona eropa dan zona pencinan.KBID-PAR-BE

 

 

 

Related posts

DPRD Surabaya Target Pembahasan LKPj Wali Kota TA 2022 selesai Sebelum Lebaran

RedaksiKBID

Tasyakuran HUT Ke-59 Partai Golkar, Semua Kader Diharap Menjadi Pribadi yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara

Baud Efendi

Terjunkan 16 Ribu Personel, GP Ansor Sidoarjo Siap Kawal Pemilu 2019

RedaksiKBID