KampungBerita.id
Surabaya Teranyar

Pimpinan DPRD Surabaya Berharap Lurah hingga RT Sukseskan Program Beasiswa Pemuda Tangguh

Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Laila Mufidah.@KBID2023
Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Laila Mufidah.@KBID2023

KAMPUNGBERITA.ID – Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Laila Mufidah meminta ada komitmen bersama dalam pelaksanaan program Beasiswa Pemuda Tangguh. Tidak hanya kebutuhan untuk meringankan beban biaya SPP, baik bagi siswa maupun mahasiswa. Tapi lebih dari itu, ini demi menyiapkan generasi tangguh.

“Dibutuhkan komitmen bersama agar program beasiswa ini berjalan efektif dan maksimal. Semua warga Surabaya bisa memanfaatkannya demi menyiapkan masa depan siswa dan mahasiswa dari warga gakin (keluarga miskin),” kata Laila Mufidah.

Tidak hanya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya di level dinas terkait. Tetapi juga perlu komitmen kuat hingga jenjang kelurahan dan RT. Bahkan anggota DPRD termasuk Laila sendiri juga terpanggil untuk menyukseskan program beasiswa itu. Dalam setiap reses, Laila terus menyosialisasikan program Beasiswa Pemuda Tangguh. Namun Laila mengakui bahwa masih ada warga belum mendapatkan sosialiasi program ini dengan baik. Salah satu catatannya adalah perlu sosialiasi lebih masif lagi.

“Saya mengimpikan ada layanan khusus beasiswa Pemuda Tangguh. Setiap lurah, RW dan RT harus turun mendata. Merekalah yang paling dekat dan tahu kondisi warganya. Kalau kurang mampu, prioritaskan mendapatkan beasiswa ini,” kata Laila.

Laila mengimpikan seluruh siswa SMA sederajat warga Surabaya tak perlu mendaftar untuk mendapatkan beasiswa ini. Tapi Pemkot yang datang menawari. Bisa dengan notifikasi pada akun setiap siswa. Dia mengatakan, program unggulan Beasiswa Pemuda Tangguh bisa berjalan maksimal. Harus dilakukan upaya optimalisasi agar kuota beasiswa untuk jenjang SMA dan mahasiswa itu termanfaatkan.

“Semua harus bekerja bersama-sama untuk menyukseskan program Beasiswa Pemuda Tangguh. Tahun depan program ini diupayakan semua kuota harus termanfaatkan. Jangan ada, yang berhak menerima beasiswa malah tidak tahu,” kata Laila Mufidah.

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadikan program beasiswa tersebut menjadi salah satu program unggulan. Apalagi semenjak pendidikan jenjang SMA dialihkelolakan ke Pemprov Jatim. Pemkot Surabaya pun resmi memberikan bantuan warganya yang menempuh pendidikan SMA dengan memberikan bantuan beasiswa.

Setiap bulan, siswa yang dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa tersebut berhak atas bantuan Rp 200.000 per bulan. Diharapkan, beasiswa ini bisa mengurangi beban siswa Surabaya, terutama dari keluarga miskin (gakin), dari beban biaya SPP bulanan. Ini juga bentuk antisipasi putus sekolah atau penuntasan wajib belajar 12 tahun.

Tidak hanya jenjang SMA, Pemkot Surabaya juga menjalankan program beasiswa Pemuda Tangguh untuk jenjang kuliah. Bagi siswa lulusan SMA atau yang sedang menempuh pendidikan tinggi berkesempatan mendapat beasiswa ini. Uang Kuliah Tunggal (UKT) dibayari.

Tidak hanya itu, mereka juga berhak atas uang saku per bulan Rp 500.000. Belum cukup dengan itu, penerima beasiswa Pemuda Tangguh jenjang kuliah juga berhak atas uang buku Rp 750.000 per semester. “Kami mengajak semua warga Surabaya, terutama dari warga kurang mampu atau gakin untuk memanfaatkan beasiswa ini. Mereka harus diprioritaskan,” kata Laila.

Saat ini total penerima beasiswanya mencapai 3.186 mahasiswa. Dengan rincian, penerima semester 1 sebanyak 524 mahasiswa, semester 3 sejumlah 1.158 orang, semester 5 sebanyak 543 orang, semester 6 satu orang, dan semester 7 ada 960 mahasiswa. Beasiswa Pemuda Tangguh jenjang kuliah bekerjasama dengan sejumlah kampus negeri. Mulai dari ITS, PENS, PPNS, UINSA, POLTEKKES, UNAIR, UNS, UNESA, UPN, dan Universitas Trunojoyo hingga Universitas Brawijaya Malang. KBID-BE-PAR

 

 

 

 

Related posts

Jelang Terjun di Porseni NU, Pemain Jebolan SSB Mitra Surabaya ‘Bakar’ Semangat Kontingen PWNU Jatim

RedaksiKBID

Sambut Santri, PMI Semprot Disinfectan ke Beberapa Ponpes di Bumi Wali

KBIDTuban

Polisi Selidiki Kasus Narkoba Dimasukan ke Perut Ikan Mujaer di Rutan Medaeng

RedaksiKBID