KampungBerita.id
Kampung Raya Nasional Surabaya Teranyar

Presiden Jokowi akan Jadi Inspektur Upacara Apel Hari Santri 2023 di Tugu Pahlawan

Sekjen PBNU, KH Saifullah Yusuf (Gus Ipul).@KBID-IST/2023.

KAMPUNGBERITA.ID-Presiden Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Apel Hari Santri Nasional 2023 di Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (22/10/2023).

Sementara Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) bertindak sebagai Komandan Apel. Sedangkan pembacaan Resolusi Jihad akan dibacakan oleh Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf dan pembacaan doa oleh KH Miftachul Akhyar, Rais Aam PBNU.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU KH Saifullah Yusuf (Gus Ipul). “Jadi Inspektur Apel Hari Santri langsung oleh Presiden Jokowi, Gus Men (Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas) Komandan Apel. Resolusi Jihad oleh Gus Yahya (Ketum PBNU) dan doa oleh Rais Aam (KH Miftachul Akhyar,” kata Gus Ipul kepada dalam keterangannya, Senin (16/10/2023).

Kepastian soal susunan unsur kelengkapan apel Hari Santri Nasional 2023, disampaikan Gus Ipul usai memimpin rapat perkembangan kesiapan rangkaian peringatan HSN 2023. Ikut dalam rapat ini para Ketua PWNU se- Indonesia, para pengurus 15 badan otonom (banom) NU dan 18 pengurus lembaga NU.

Selain belasan ribu peserta apel di Tugu Pahlawan, sebagai Ketua Pengarah Panitia HSN PBNU, Gus Ipul mengimbau, agar semua PWNU menggelar apel di wilayah masing-masing. Dari laporan para pengurus PWNU, dapat diyakini mayoritas kantor gubernur akan menjadi lokasi penyelenggaraan apel terakhir bagi Presiden Jokowi ini.

Sebagai tuan rumah, PWNU Jawa Timur menargetkan pengiriman sekitar 250 ribu santri yang akan mengikuti apel di cabang masing-masing.

“Dengan begitu, maka seluruh wilayah dan cabang NU akan mengirim kurang lebih satu orang mengikuti apel HSN tahun 2023 ini. Terima kasih, para kiai pengurus PW dan PCNU,” kata Gus Ipul.

Apel yang merupakan rangkaian puncak Hari Santri Nasional 2023 ini diperkirakan akan dihadiri kurang lebih dari 15 ribu orang. Selain para santri dan warga masyarakat, beberapa tokoh juga akan diundang untuk hadir. Antara lain Wakil Presiden, para menteri Kabinet Indonesia Maju, para duta besar negara tetangga, Jaksa Agung, Kapolri, pimpinan TNI hingga tokoh-tokoh masyarakat.

Pada Tahun 2023 ini, peringatan Hari Santri 2023 mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Kementerian Agama sudah menerbitkan surat edaran tentang pelaksanaan Hari Santri 2023. KBID-SS/BE

Related posts

Ipong Targetkan NasDem Jadi Pemenang Pemilu di Jatim

RedaksiKBID

Curi Motor, Penghuni Rusun Ngelom Sidoarjo Ditangkap

RedaksiKBID

Hormati Whisnu Sakti Buana, Sebelum Laga Persebaya Vs Bali United Diawali Semenit Mengheningkan Cipta

RedaksiKBID