KampungBerita.id
Peristiwa Surabaya Teranyar

Tuntut Pembatasan Taksi Online, Seluruh Sopir Angkot Surabaya Gelar Demo

Angkot Surabaya melakukan mogok massal beberapa waktu lalu

KAMPUNGBERITA.ID – Lebih dari seribu angkutan kota (angkot), Selasa (3/10) hari ini akan menutup Jl Pahlawan untuk berunjuk rasa kepada Soekarwo Gubernur Jawa Timur. Massa akan datang ke kantor gubernur di Jl. Pahlawan sekitar pukul 08.30 WIB.

Sonhaji, Ketua Organda Surabaya mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dan minta izin ke Polrestabes.
”Besok (selasa) perwakilan angkot dari seluruh Surabaya akan turun dan memarkir kendaraan di Jl Pahlawan depan kantor gubernur,” kata Sonhaji seperti dilansir suarasurabaya.net, Senin (2/10).

Massa akan mendesak Soekarwo segera menerapkan peraturan gubernur (Pergub) yang membatasi angkutan berbasis aplikasi. Saat pertemuan beberapa bulan lalu, Soekarwo telah menyepakati menerbitkan pergub yang berisi pembatasan tentang jumlah angkutan berbasis aplikasi yang di Surabaya saat ini telah mencapai 30 ribu kendaraan.

Selain itu, Soekarwo menjanjikan bahwa angkutan berbasis aplikasi dilarang untuk beroperasi di tempat umum semisal bandara, terminal, stasiun, pelabuhan, rumah sakit, serta beberapa tempat umum lainnya. “Dari catatan kepolisian, angkutan berbasis aplikasi ini sudah mencapai 30 ribu, padahal jumlah angkutan kota di Surabaya saat ini tinggal 3 ribu saja. Begitu juga taksi reguler saat ini jumlahnya tinggal 5.500, dan bus kota sekitar 100-an saja,” ujarnya.

Bahkan maraknya angkutan berbasis aplikasi saat ini menjadikan belasan jurusan angkutan kota sudah mati. Awalnya jumlah trayek atau jurusan di Surabaya mencapai 58 jurusan, namun saat ini hanya menyisakan 40 jurusan.

Para sopir angkutan kota ini sebenarnya sudah beberapa kali bertemu dengan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya, namun mereka tak mendapatkan kepastian sehingga memilih untuk mengadukan nasibnya ke gubernur. Dalam pertemuan dengan gubernur beberapa waktu lalu sebenarnya sudah disepakati untuk mengeluarkan peraturan gubernur. Namun Pergub ini masih terkendala oleh aturan dari Pemerintah Pusat.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Adewira Siregar mengatakan, Jalan Pahlawan ditutup total. Sehingga ada sejumlah arus lalu lintas yang dialihkan. (pengalihan arus lalin, lihat grafis).

Di sisi lain, Pemerintah Kota Surabaya menyediakan kendaraan pengganti angkutan umum atau angkutan kota Surabaya selama angkut aksi unjuk rasa.

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengatakan, akan mengerahkan semua mobil operasional, termasuk yang ada di Kantor Kecamatan, beserta bus yang dimiliki oleh Pemkot Surabaya di beberapa titik. “Kami siapkan angkutan untuk warga Surabaya yang biasa menggunakan angkutan umum sebagai angkutan pengganti,” ujarnya di Ruang Kerjanya, Senin (2/10).

Risma mengakui, adanya pembatalan beberapa pasal dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 26/2017 tentang Transportasi Online oleh Mahkamah Agung menjadi masalah yang cukup pelik bagi Pemkot Surabaya.
“Kami tidak bisa apa-apa. Sudah diputuskan di MA. Mau gimana? Sebenarnya kemarin sudah mau kita antisipasi. Kami sudah mengadakan rapat untuk sosialisasi Permenhub, tapi tiba-tiba batal,” ujar Risma.
Eddy Christijanto Kepala Bagian Adminstrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah mengatakan, Pemkot Surabaya telah menyiapkan beberapa kendaraan operasional sebagai pengganti Angkot. Seluruh kendaraan beroperasi di lokasi-lokasi dan rute yang telah ditentukan sejak pukul 06.00 WIB sampai selesainya aksi unjuk rasa sopir angkot di Kantor Gubernur Jatim. KBID-NAK

Related posts

Wabup Mojokerto: Peran Zakat Entaskan Kemiskinan

RedaksiKBID

GSN Sidoarjo Berharap Penertiban Peredaran Miras Lebih Tegas

RedaksiKBID

Kampung Peneleh Diusulkan jadi Lokasi Wisata Sejarah di Surabaya

RedaksiKBID