KampungBerita.id
Madrasah Teranyar

Peminat Masih Sedikit, Sistem Online Sulitkan Siswa Daerah Daftar SNMPTN

Sosialisasi penerimaaan mahasiswa baru di Universitas Airlangga

KAMPUNGBERITA.ID – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dibuka sejak 21 Februari lalu. Namun hingga kini jumlah siswa yang mendaftar masih sangat sedikit. Selain faktor siswa masih menunggu, faktor sistem online ternyata menjadi kendala terutama siswa yang tinggal di daerah lantaran koneksi internet yang lambat.

Untuk memudahkan siswa mendaftar SNMPTN, Universitas Airlangga mengumpulkan ratusan kepala sekolah se-Jawa Timur untuk diberikan pengarahan mekanisme cara mendaftar dan program studi. Pengarahan ini disambut antusias para kepala sekolah, lantaran sejumlah siswanya masih kesulitan mendaftar melalui sistem online.

Uswanto, Kepala Sekolah SMA Singgahan Tuban mengatakan, sistem online sangat menyulitkan siswanya lantaran internet di kawasan Tuban sangat lambat. “Hal ini membuat prosesnya menjadi agak tersendat-sendat. Karena itulah, momentum ini kami berharap ada sistem terpadu pada penerimaan SNMPTN,” tutur Uswanto, Kepala Sekolah SMA Singgahan Tuban.

Sementara itu, Rektor Unair Prof. M. Nasih mengatakan sosialisasi ini untuk memberikan informasi yang benar kepada kepala sekolah. “Karena keberhasilan bukan hanya soal nilai saja, melainkan bisa melihat peta dan posisi, agar lulusan SMA ini tidak salah pilih,” kata Prof. M. Nasih.

Unair berharap dengan sosialisasi ini siswa lulusan SMA semakin mengerti cara mendaftar SNMPTN, sehingga siswa tidak salah memilih dan bisa diterima di perguruan tinggi negeri. Untuk tahun ini, Unair menerima 5.250 kursi dengan rincian 30 persen jalur SNMPTN, 30 persen jalur SBMPTN, dan 40 persen jalur mandiri. KBID-NAK

Related posts

Refleksi Perobekan Bendera di Hotel Yamato, Arek Suroboyo Diminta Tak Gampang Menyerah

RedaksiKBID

Apresiasi Walikota dan Wakil Walikota, Parpol Sepakat APBD 2022 untuk Pemulihan Ekonomi Masyarakat Surabaya

RedaksiKBID

Ajak Masyarakat Jaga Kondisi, Kapolda Jatim Bertemu Warganet

RedaksiKBID